>

Pelatihan Olah Data dengan Software R

Himpunan Mahasiswa Statistika FMIPA USU(Himasta) telah sukses  menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Olah Data dengan Software R dengan mengusung tema “Implementasi Software R dalam Olah Data di Era Digital.” Kegiatan tahunan ini merupakan salah satu program kerja dari bidang penelitian dan pengembangan Himasta .

Tidak hanya mahasiswa statistika USU saja,kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu,19 Maret 2022 ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari jurusan dan kampus berbeda. Kegiatan yang didampingi oleh  Sekretaris Prodi,Bapak Tulus Joseph,terlaksana sesuai harapan melalui zoom meeting.

"Kami berharap dengan adanya Pelatihan software R ini mahasiswa/i dapat mengembangkan kemampuannya sehingga mendapatkan prestasi minimal hingga nasional",ungkap Bapak Tulus. Dalam kata sambutannya,Beliau juga mengungkapkan harapan kepada Himasta,agar semakin berarti kedepannya dalam perannya sebagai wadah perkembangan mahasiswa/i D3 FMIPA USU.

Pemateri dalam kegiatan ini dibawakan langsung oleh Founder Statcal yang juga merupakan salah satu dosen USU,Bapak Prana Ugiana Gio. Beliau menjelaskan bahwa implementasi olah data dengan Software R ini sangat diperlukan di era digital sekarang. Ini sangat membantu untuk menganalisis data dengan efektif dan efisien.

Dalam sesi tanya jawab, peserta sangat antusias dalam bertanya tentang kendala yang dihadapinya saat menggunakan R. Kemudian pada akhir dari sesi pelatihan ini pemateri mengajak seluruh peserta untuk menganalisa data rekap bulanan Covid-19 bulan Januari 2021 di Jakarta serta menjawab  beberapa soal dengan mempraktekkan langsung pada  R.

Gambar 1

Statistik

Users
3
Articles
45
Articles View Hits
38959
© 2024 Diploma 3 - Statistika FMIPA USU