>

Webinar Statistika - Annova menggunakan SPSS

Himpunan Mahasiswa Statistika FMIPA USU (Himasta) telah sukses  menyelenggarakan kegiatan Webinar Statistika dengan mengusung tema “ Analisis Data dengan Metode One Way dan Two Way (annova) menggunakan SPSS.” Kegiatan tahunan ini merupakan salah satu program kerja dari bidang penelitian dan pengembangan Himasta .

Tidak hanya mahasiswa statistika USU saja,kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu,23 April 2022 ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari jurusan dan kampus berbeda. Kegiatan yang didampingi oleh  Sekretaris Prodi, Bapak Tulus Joseph, terlaksana sesuai harapan melalui zoom meeting.

"Kami dari prodi berharap kiranya Webinar Statistika ini menjadi acara rutin,mungkin sebulan sekali,dua bulan sekali dan mungkin bisa kita buat khusus untuk mahasiswa/i di seluruh Sumatera Utara dan semoga dari kegiatan ini dapat membantu mahasiswa/i dan juga peserta yang sedang menghadapi tugas akhir atau skripsi ataupun sejenisnya yang berhubungan dengan analisis ragam",ungkap Bapak Tulus. Dalam kata sambutannya,Beliau juga mengungkapkan harapan dengan adanya webinar ini dapat memberikan mamfaat untuk semua peserta.

Pemateri dalam kegiatan ini dibawakan langsung oleh 2 pemateri yang juga merupakan dosen USU yakni, Bapak  Yan Batara Putra Siringoringo dan Bapak Prana Ugiana Gio yang juga merupakan Founder Statcal.

gambar 1

 

gambar 2

Pemateri pertama dalam kegiatan ini dibawakan langsung oleh Bapak Yan Batara Putra Siringiringo. Beliau menjelaskan bagian Analisis Data dengan Metode One Way (annova) menggunakan SPSS,sedangkan pemateri kedua yakni Bapak Prana Ugiana Gio menjelaskan bagian  Analisis Data dengan Metode Two Way (annova). Kedua pemateri ini menjelaskan bahwa  Analisis Data dengan Metode One Way dan Two Way (annova) menggunakan SPSS ini sangat diperlukan di era digital sekarang. Ini sangat membantu untuk menganalisis data dengan efektif dan efisien.

Dalam sesi tanya jawab, peserta sangat antusias dalam bertanya tentang kendala yang dihadapinya saat menganalisis data dengan Metode One Way dan Two Way (annova) menggunakan software SPSS. Kemudian pada akhir dari sesi Webinar ini pemateri mengajak seluruh peserta untuk menganalisa data penjualan sepeda motor di kota Medan pada bulan Januari-Oktober 2021 serta menjawab  beberapa soal dengan mempraktekkan langsung pada  SPSS.

Statistik

Users
3
Articles
45
Articles View Hits
38962
© 2024 Diploma 3 - Statistika FMIPA USU