>

Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Pojok Statistik se-Indonesia Tahun 2023

Pojok Statistik merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan statistik BPS untuk meningkatkan literasi statistik di lingkungan perguruan tinggi. Saat ini, Pojok Statistik telah berdiri di 108 perguruan tinggi yang tersebar di 34 provinsi dan 49 kabupaten/kota. Mengusung prinsip kolaborasi, sinergi, dan kebermanfaatan, Pojok Statistik menggandeng para akademisi dan mahasiswa sebagai agen statistik dalam penyelenggaraan layanan dan promosi statistik di lingkungan perguruan tinggi.

Sebagai upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan Pojok Statistik, BPS menyelenggarakan “Evaluasi Penyelenggaraan Pojok Statistik di Perguruan Tinggi” pada 29 Oktober-1 November 2023 di D.I. Yogyakarta. Kegiatan dibuka oleh Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS. Kegiatan dihadiri oleh Direktur Diseminasi Statistik BPS beserta jajarannya, Kepala BPS Provinsi D.I. Yogyakarta, Rektor Universitas Panca Bhakti, Ketua Jurusan Statistika Universitas Islam Indonesia sebagai perwakilan Forum Perguruan Tinggi Statistika Indonesia, serta 102 orang peserta dari 34 provinsi di Indonesia yang terdiri dari Ketua Tim Pojok Statistik BPS, dosen dan perwakilan perguruan tinggi sebagai Koordinator Pojok Statistik, serta perwakilan mahasiswa sebagai Agen Statistik.
Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Di tanggal 30 Oktober 2023 membahas tentang penyelenggaraan Pojok Statistik 2023, penyampaian program tematik, penyelarasan kegiatan Pojok Statistik dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di kelas Koordinator Pojok Statistik, serta pengenalan indikator statistik dan penyusunan infografis bagi Mahasiswa Agen Statistik. Kemudian di tanggal 31 Oktober 2023, Para peserta rapat benchmarking ke Pojok Statistika Universitas Islam Indonesia untuk melihat keunggulan yang dimiliki oleh Pojok Statistik UII dari sitem pengelolaan maupun manajemennya.

Hasil kegiatan ini menjadi wujud kolaborasi pembangunan statistik melalui penyelenggaraan program dan kegiatan peningkatan literasi statistik. Diharapkan juga Pojok Statistik dapat menjadi dasar dalam penyusunan strategi peningkatan penyelenggaraan Pojok Statistik yang lebih baik dan berkualitas untuk mendukung pembangunan statistik di Indonesia.

Statistik

Users
3
Articles
45
Articles View Hits
38788
© 2024 Diploma 3 - Statistika FMIPA USU