>

Cerita Pertukaran Mahasiswa Merdeka oleh Rezki dan Veri

Sampurasun,

Perkenalkan saya Rezky Pratama Mendrofa, seorang mahasiswa Universitas Sumatera Utara, program studi Statistika, yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Padjadjaran. Suatu kebanggaan bagi saya bisa mengikuti program ini. Terlebih lebih menjadi perwakilan langsung dari Departemen Statistika Usu. Menjadi Mahasiwa PMM bukan suatu hal yang mudah diikuti, banyak sekali tahap demi tahap yang wajib di ikuti seperti Pemberkasan dokumen, yang dimana tahap ini sangat menguras tenaga dan pikiran saat pengurusan nya, seterusnya di lanjutkan dengan mengikuti Test Kebhinekaan, test VCAt, dan test tilik diri. Tahap demi tahap saya ikuti secara berkala. Hingga pada saat pengumuman mendapatkan hasil yang memuaskan.

Singkat cerita, tibalah waktu keberangkatan dari Medan menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta, dan langsung bertolak ke Bumi Pasundan Bandung, menuju Unpad Kampus Jatinangor. Disini saya bertemu berbagai mahasiswa dari berbagai belahan Indonesia, dari sabang hingga merauke, dari berbagai suku, ras, dan agama. Disini Kebhinekaan sangat Terpampang nyata, keberagaman serta perbedaan menghiasi kota Jatinangor. Udara yang menyejukan, pegunungan nan tinggi, dan masyarakat yang menjunjung tinggi rasa sikap Keramahan sangat memanjakan diri untuk betah di tempat ini.

Berbagai Kegiatan demi kegiatan yang kami ikuti, salah satunya Modul Nusantara Kebhinekaan. Yang dimana disini kami di ajak mengeksplorasi secara langsung kota Bandung, Yakni : Saung Angklung Udjo, Museum Geologi, Great Asia Africa, Gedung sate, Tangkuban Parahu, Kawah Putih, Dan Cagar Alam Situ patenggang Bandung. Sebuah Pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan. Dan kedepannya juga akan banyak sekali program seru lainnya seperti Festival Kebudayaan, Festival Permainan Tradisional, dan Event keren lainnya. Juga disini tak kalah serunya berjumpa dengan teman baru dari departemen Statitstika Unpad, yang dimana hal ini menjadi ajang mencari Relasi dan wadah bertukar pengalaman.

Demikian sebagian kecil pengalaman saya selama megikuti Program ini, salah satu program yang recommended untuk di Apply teman teman mahasiswa lainya. Selain belajar kita juga di beri kesempatan untuk mengeksplorasi kebudayaan daerah lain. Sebab hanya di PMM “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”.

Hatur Nuhun.

foto 1 rezki

foto 2 rezki

 

foto 4 rezki 

Halo, perkenalkan nama saya Veri Dandi Marbun Prodi Statistika St2022Fakultas Vokasi Universitas Sumatera Utara. Disini saya akan menceritakan  bagaimana saya bisa keterima dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan kesan saya melakukan perkuliahan bukan di kampus asal saya (USU). Saya mengikuti program ini dari semester II yaitu pada awal bulan April ditahun 2023 ini. Pada saat itu saya sudah mulai melirik-lirik website kampus merdeka karna saya benar-benar serius ingin mengikuti program ini. Dan padahari itu juga saya mulai mendaftar akun email PMM MBKM saya. Seiring berjalannya waktu pendaftaran lama dibuka, pihak Program PMM sudah mulai melakukan tes(ujian)/survei tentang Khebinekaan-VCAT pada bulan Mei yang dimana waktu surveinya dilakukan pada tanggal 10 - 12Mei2023. Seiring berjalannya waktu, selama menunggu hasil tes tersebut saya tetap fokus melakukan perkuliahan dikelas tanpa memikirkan beban apapun. Dan pas pada waktunya hasil tes/survei dikeluarkan dan saya Lulus ditahap tersebut, saya langsung menghubungi keluarga saya bahwa saya bisa kuliah di 2 kampus yang berbeda atau lebih tepatnya saya kuliah di Luar dari kampus asal saya.

Setelah itu, ada dikirim link untuk memilih dikampus mana kita ingin kuliahtetapi syaratnya tidak boleh didalam Sumatera itu sendiri atau lebih tepatnyaharus diluar Sumatera. Saya mengambil Kampusnya di Jawa Barat (Bandung) yaitu Kampus Universitas Padjajaran. Dikampus itu saya mengambil jurusan Manajemen Produksi Media(D4). Setelah itu, tiba sudah berangkat saya sedih karna ini pertama kali saya kuliah diluar Provinsi harus meninggalkan Keluarga demi Pendidikan saya. Pada awal kuliah saya mendapat kawan baru dari berbagai daerah, ada yang dari bali, papua, Batam dan masih banyak lagi. Dari awal datang di Bandung ini saya sudah mulai beradaptasi di daerah sini tentang tata karama, suhu dll.

Berikut Foto-foto saya beserta teman-teman saya yang berasal dari daerah yang berbeda.

foto 2 veri

foto 1 veri

 

 

 

 

Statistik

Users
3
Articles
45
Articles View Hits
38842
© 2024 Diploma 3 - Statistika FMIPA USU